Tiga Pantai Pasir Putih di Jogja yang Harus Anda Kunjungi

Terkenal dengan luas lautnya, Indonesia banyak memiliki objek wisata laut dan pantai yang indah. Keindahan pantai Jogja juga tak kalah indahnya bila dibandingkan dengan Bali dan Lombok. Birunya air laut, halusnya pasir pantai, dan keindahan di sekitarnya tak akan membuat orang yang mengunjunginya menyesal.

Sudah dikenal dengan kota tujuan wisata sejak dulu hingga kini, Jogja selalu menyuguhkan keindahan alam yang mempesona. Bila Anda ingin merasakan keindahan alam Jogja, khususnya pantai, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu pantai mana saja yang ingin dikunjungi. Bila Anda bingung, Anda bisa memilih menggunakan Kuruma Wisata Paket Wisata Jogja karena Anda tidak perlu bingung memilih tempat wisata yang tepat, akomodasi, dan itinerary perjalanan.

Mengunjungi Jogja, rasanya tak akan cukup hanya dengan satu hari. Bayaknya destinasi wisata yang harus dikunjungi membutuhkan waktu minimal 2 hari untuk merasakan sebagian keindahan pantai Jogja. Jangan khawatir bila Anda tidak membawa atau memiliki kendaraan, Anda bisa menyewa kendaraan di Kuruma Sewa Mobil Jogja yang akan memudahkan Anda untuk berkeliling di banyak lokasi wisata di Jogja 

Salah satu destinasi wisata di Jogja yang harus Anda nikmati keindahannya adalah pantainya. Jogja banyak menawarkan pantai-pantai berpasir putih yang cantik dan sebagiannya memiliki misteri yang patut Anda kulik. Sebagai review, berikut pantai-pantai indah berpasir putih di Jogja yang bisa Anda kunjungi : 

1. Pantai Timang

Pantai Timang adalah pantai yang terletak di Gunungkidul. Jika Anda menyukai tempat wisata yang sedikit menantang, Pantai Timang adalah pilihan yang tepat. Untuk mengunjungi pantai Timang Anda harus melewati jalanan yang agak terjal dan berbatu, walau begitu Anda akan disuguhkan pemandangan pasir putih di sepanjang pesisir pantai.

Sesampainya di Pantai Timang terdapat satu wahana menegangkan yang akan menguji adrenalin Anda, yaitu gantole atau kereta gantung tradisional yang akan membawa Anda menuju pulau Timang yang berada di tengah laut. Sebenarnya, kereta gantung yang terdapat disana adalah transportasi tradisional masyarakat lokal untuk menyebrang dan mencari lobster. Namun, karena lokasinya yang pernah dikunjungi artis Korea, Pantai Timang mulai terkenal dan menjadi ramai dikunjungi.

Menyebrang menggunakan kereta gantung pantai Timang, Anda akan merasakan sensasi menegangkan akibat deburan ombak yang datang menghantam atau ketika kereta gantung sesekali bergoyang.

Sesampainya di sebrang, Anda dapat mencoba mencari lobster dan membawanya kembali ke sebrang untuk diolah di warung-warung makan yang banyak tersedia disana.

Pantai Timang Gunungkidul ini sebenarnya memiliki dua areal yang berbeda, areal pertama berada di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir putih sama dengan kebanyakan pantai putih lainnya. Sedangkan pada areal kedua yang terletak pada sisi bagian Barat adalah tebing-tebing bebatuan yang cukup curam dan langsung menghadap ke laut. 

Kereta gantung itu sendiri berada di area kedua. Yaitu diantara dua tebing bebatuan. Berkunjung kesana Anda akan disuguhkan pemandangan indah perpaduan tebing kokoh dan laut dengan ombaknya yang sesekali menghantam keras.

Pantai Timang sendiri berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunungkidul yang berjarak kira-kira 3 jam perjalan dari kota Yogyakarta. Untuk mengakses Pantai Timang Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun, bila Anda tidak membawanya Anda bisa menyewa di Rentak Mobil Jogja yang menawarkan berbagai jenis mobil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca JugaWisata Murah di Jogja yang Bukan Murahan

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling terkenal di Yogykarta. Lokasinya yang mudah dan dekat dari kota Yogyakarta memudahkan para wisatawan untuk mengaksesnya. Bagi Anda yang pertama kali datang ke Jogja, Anda bisa mengunjungi Pantai Parangtritis lewa Paket Wisata Jogja. jadi Anda tidak perlu repot-repot mengurus akomodasi dan tranportasi.

Sore menjelang malam adalah waktu yang paling tepat mengunjungi Pantai Parangtritis, pada saat itu Anda akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbenam diantara laut dan langit yang dipenuhi mega oranye. Latar belakang yang sangat pas untuk dijadikan latar foto Anda.

Selain terkenal dengan keindahannya, pantai Parangtritis juga menyimpan misteri. Salah satu misteri yang paling terkenal yaitu lagenda Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul yang menguasai laut selatan. Larangan yang paling terkenal jika Anda mengunjungi pantai ini adalah menggunakan pakaian berwarna hijau. Menurut mitos, warna hijau merupakan warna kesukaan dan warna bala tentara Nyi Roro Kidul.

Dibalik misteri dan  cerita-cerita mitosnya, Pantai Parangtritis tetap menjadi prioritas destinasi wisata laut bagi para wisatawan karena keindahannya. Lengkapnya fasilitas membuat banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan disana. Anda bisa merasakan keseruan menaiki ATV (All-terrain Vehicle) sambil berkeliling di tepi pantai, berselancar, bermain pasir, menerbangkan layang-layang, menaiki delman, dan merasakan kelezatan kuliner khas laut.

Puas bermain di tepi pantai, Anda bisa berkunjung ke Tebing Gembirawati yang letaknya tak jauh dari pantai. disana Anda bisa melihat bekas reruntuhan candi Gembirawati atau melihat secara keseluruhan area Pantai Parangtritis hingga batas Cakrawala.

Namun bila Anda tiba lebih cepat, tak ada salahnya untuk naik ke Tebing Gembirawati di belakang pantai ini. Dari sana kita bisa melihat seluruh area Pantai Parangtritis, laut selatan, hingga ke batas cakrawala.

3. Pantai Jogan

Satu lagi pantai yang sayang untuk dilewatkan, Pantai Jogan. Mendengar nama pantainya memang masih asing di telinga para wisatawan dari luar Jogja, padahal keindahan yang ditawarkan amat sangat mempesona.

Pantai Jogan sendiri terletak di daerah Tepus berdekatan dengan Pantai Siung. Keunikan dari Pantai Jogan dibanding pantai lainnya adalah terdapat air terjun yang jatuh dari tebing langsung ke tepi laut. Ketinggian air terjun Pantai Jogan sendiri tingginya kurang lebih 12 meter.

Berada diantara tebing-tebing tinggi khas pengunungan kapur, Pantai Jogan menawarkan pemandangan eksotis dari atas tebing. Disana, Anda dapat menikmati alam sambil berfoto mengabdikan perpaduan keindahan yang langka terjadi.

Waktu yang diperlukan untuk mencapai Pantai Jogan kurang lebih dua jam perjalanan berkendara dari kota Jogja. Selama perjalanan Anda akan menyusuri jalanan beraspal dan berkelok yang membelah tebing-tebing karst.

Baca Juga Keindahan Alam Jogja dalam Lensa Kamera

Untuk dapat menyaksikan derasnya air terjun di Pantai Jogan, Anda harus datang pada saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan debit air terjun akan menjadi kecil ketika musim kemarau tiba.

Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih untuk menikmati keindahan air terjun Pantai Jogan. Pertama menikmati pemandangan dari atas air terjun atau merasakan guyuran air terjun di bawah tebing. Untuk dapat merasakan guyuran air terjun Anda perlu menuruni jalan setapak yang memang agak licin. Walau agak sedikit sulit, sesampainya di bawah Anda akan dimanjakan dengan merdunya suara air yang jatuh mengenai bebatuan dan kerikil dibawanya. Jika Anda beruntung, Anda bisa bertemu dengan ratusan kupu-kupu cantik diantara semak disana.

Demikian Informasi Tiga Pantai Pasir Putih di Jogja yang Harus Anda Kunjungi yang bisa anda nikmati dengan kami kuruma Rental Mobil Jogja. Anda bisa berkonsultasi dengan kami terlebih dahulu untuk mendiskusikan inteneri perjalanan wisata selama berada di jogja.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar