Wisata Alam Jogja yang Menenangkan

Yogyakarta atau biasa disebut Jogja, salah satu kota di Indonesia  yang masih mempertahankan kultur budanya, hingga kini masih menjadi pilihan destinasi wisata kebanyakan orang. Candi-candi  yang masih berdiri  kokoh, instana keraton peninggalan raja-raja, gunung serta bukit yang cantik, pantai, kuliner khasnya, dan tempat wisata kreatif lainnya menjadi daya tarik Yogyakarta untuk sebagian orang yang bosan dengan suasana kota.

Jika Anda termasuk orang-orang yang memiliki rencana berlibur di Jogja, ada banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi.  Jika Anda berlibur dengan tujuan untuk rileksasi atau mencari ketenangan, Anda bisa berkunjung ke beberapa tempat rekomendasi yang akan dibahas dibawah ini.

Sebelum mengunjungi tempat-tempat berikut, ada baiknya Anda memilih menggunakan Paket Wisata Jogja agar Anda tidak perlu repot-repot mengurus akomodasi dan itirery. atau jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa kendaraan di Rental Mobil Jogja agar tema liburan yang tenang dan santai semakin lengkap.

1. Air Terjun Gedad

Rekomendasi pertama tujuan Wisata Alam Jogja yang Menenangkan yang menghadirkan suasana alam yang menenangkan adalah ke Air Terjun Gedad. Air terjun Gedad sendiri berada di Dusun Gedad, Desa Banyusoco. Kecamatan Playen, Gunugkidul. Tempat wisata ini semakin melengkapi keragaman wisata yang dimiliki Gunungkidul setelah pantai dan gua.

Air terjun Gedad sendiri hanya memiliki ketinggian kurang dari 20 meter, yang membuat air terjun ini berbeda adalah susunan batu yang berundak-undak sehingga ketika air mengalir akan menghasilkan cipratan-cipratan kecil ke sekelilingnya.

Berkunjung kesana, Anda bisa merasakan ketenangan dari suara air mengalir, lebatnya pepohonan hijau, dan udara yang sejuk. Waktu yang tepat untuk berkunjung untuk Anda yang membutuhkan sepi adalah di pagi hari.  

Untuk mengakses Air Terjun ini Anda bisa berkendara sendiri menggunakan mobil. Jika Anda tidak membawa mobil pribadi, Anda bisa menyewanya di Kuruma Wisata Tempat Sewa Mobil Jogja murah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

2. Desa Wisata Boro 

Destinasi yang akan memberikan ketenangan selanjutnya adalah Desa wisata Boro. Terletak di lereng perbukitan dan jauh dari hiruk pikuk kota, desa ini cukup tersembunyi sehingga akan menyuguhkan suasana menenangkan untuk Anda.

Bila Anda tidak mau direpotkan dengan akomodasi dan lain sebagainya, Anda bisa memilih menggunakan Paket Wisata Jogja yang akan memudahkan perjalan wisata Anda.

Desa Boro menawarkan suasana pedesaan yang asri. Disana, Anda bisa melakukan banyak kegiatan dalam satu tempat, seperti mencoba arung jeram, outbond, bertani, bersepeda, dan mengarungi sungai menggunakan ban besar.  

3. Seribu Batu Songgo Langit

Wisata alam memang pilihan yang tepat bila Anda ingin merasakan ketenangan. Ada satu destinasi wisata bertema alam yang wajib kamu datangi, yaitu Seribu Batu Songgo Langit. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam hutan pinus yang dipadukan dengan tangan kreatif manusia. Banyak spot yang bisa Anda kunjungi disana yaitu Ambience seperti rumah Hobit, rumah Kukusan serta rumah Seribu Kayu Negeri Dongeng.

4. Hutan Pinus Manguan

Hutan Pinus Mangunan adalah bagian dari hutan di kawasan RPH (Resort Pengelolaan Hutan). Sebelum menjadi salah satu destinasi wisata, hutan di kawasan Mangunan adalah sebuah tanah tandus yang kemudian direboisasi.


Berbeda dengan hutan pinus lainnya, hutan pinus Manguan Dlingo memiliki fasilitas yang lengkap dan unik. Spot yang paling unik jika Anda berkunjung kesana adalah panggung pertunjukan yang sengaja dibuat menyatu dengan alam. Dibawah pohon-pohon yang menjulang tinggi, panggung pertunjukan dibuat dengan tempat duduk penonton yang semuanya terbuat dari kayu.

Selain itu, terdapat juga gardu pandang yang dapat membuat Anda melihat hamparan pepohonan yang menyejukan mata. Keasrian hutan pinus ini tidak dibuat-buat, benar-benar alam yang menyuguhkan. Maka dari itu manusia sebagai pengunjung haruslah menjaga keasriannya.

Jika Anda ingin bersantai dan membutuhkan ketenangan, Anda bisa merebahkan diri di ayunan hammock yang menggantung diantara dua pohon pinus. Suara gemerisik antara dedauan dan ranting yang tertiup angin memberikan kenyaman dan ketenangan yang membuat Anda betah berlama-lama disana.

5. Embung Batara Sriten

Tempat wisata yang memberikan ketenangan selanjutnya adalah Embung Batara Sriten. Walau hanya berupa embung atau penampung hujan, tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah. letaknya yang berada di ketinggian 880 mdpl menjadikan tempat ini seakan berada di atas awan.

Berlokasi di Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Jogja, tempat ini sangat cocok untuk merelaksasi diri. Bagaimana tidak? tempat ini sangat hijau dengan udara yang sangat sejuk. Tanpa ada wahana atau spot yang berarti Anda tetap bisa menikmati ketenangan yang hakiki dari atas sana.

Keindahan pemandangan dari Embung tertinggi di pulau Jawa ini adalah hamparan pepohonan dan rumah-rumah yang berada dibawahnya. Untuk bisa merasakannya Anda hanya perlu berdiri di tepi jurang atau duduk santai di gazebo yang terdapat disana.

Dari atas Embung Batara Sriten Anda seakan dibius dengan panorama alam pegunungan Jogja. ya, Embung cantik ini adalah tempat yang sangat pas untuk melepas lelah dan stress dari bisingnya hingar binger kota.

6. Kaliurang

Berada di Kawasan Pakem, Sleman, Yogyakarta, Kaliurang berada pada ketinggian 900 mdpl. Berada di dataran tinggi, Kaliurang menyuguhkan pemandangan hijau nan alami yang juga menyejukan. Maka dari itu, Kaliurang adalah objek wisata yang paling tepat untuk mencari ketenangan.

Sebagai daerah tujuan wisata, berwisata ke Kaliurang bisa Anda pilih dengan menggunakan Paket Wisata Jogja. Jadi, Anda tidak perlu bingung dan repot memikirkan perihal akomodasi ataupun transportasi. 

Di kawasan Kaliuran, ada banyak tempat wisata yang tersebar. Untuk yang pertama, Anda bisa mengunjungi Taman Wisata Plawangan Turbo. Plawangan Turbo merupakan kawasan hutan tropis dan kawasan bebatuan yang dihasilkan dari letusan gunung Merapi yang usianya sudah 400.000 tahun.


Selain Plawangan Turbo Anda juga ke Gardu Pandang, yaitu salah satu pos pengamatan gunung Merapi. Goa Jepang yang bisa dikunjungi jika Anda pecinta sejarah. Tlogo Putri, tempat wisata air yang banyak memiliki wahana yang bisa Anda naiki, dan museum Vulkanik Merapi yang membeberkan ilmu tentang gunung berapi serta sejarah-sejarahnya.

Khusus bagi Anda yang beragama Keristen, Anda bisa berkunjung ke Wisma Dooa Emalta atau biasan disebut Bukit Do’a Emalta. Wisma ini terdiri dari 16 gua yang namanya diambil dari nama nabi-nabi dalam Alkitab, 48 kamar doa, dan satu aula besar yang berkapasitas 250 orang, asrama tamu laki-laki dan perempuan, dan sebuah perpustakaan. Jadi, selain menenangkan pikiran Anda, hati Anda pun menjadi tenang.

7. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir Parangkusumo merupakan gunung pasirnya yang terletak di sepanjang muara sungai Opak hingga Pantai Parangtritis. Mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo Anda akan merasakan seolah-seolah waktu tak bergerak dan lupa kalau sedang berada di Indonesia.

Seakan berada di gurun kawasan Arab, disana Anda bisa bermain sandboarding, menaiki kuda, menyewa ATV, atau sekedar merasakan hembusan angin dan pasir yang berbisik terkena tiupan angin. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar