Wisata Jogja yang “Jogja Banget”

Wisata Jogja yang “Jogja Banget”-Mengunjungi suatu daerah pastilah Anda ingin merasakan perbedaan apa saja yang bisa ditemukan dari daerah tersebut dengan daerah asal kita. Untuk merasakan perbedaan itu, Anda harus memilih destinasi daerah yang masih kental akan budayanya. Salah satu daerah yang bisa Anda kunjungi yaitu Yogyakarta atau biasa disebut Jogja.

Mendengar kata Jogja, yang terlintas di kepala pastilah candi-candi, keraton, istana, kuliner, batik, dan lain sebagainya. Ya, Jogja memang istimewa, sesuai dengan namanya Daerah Istimewa Yogyakarta, Jogja menawarkan tempat wisata yang tidak akan Anda temukan di daerah lainnya.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi Jogja, ada baiknya Anda melihat menggunakan Paket Wisata Jogja terlebih dahulu agar sesampainya disana Anda tidak bingung memilih tempat wisata. Bila Anda datang dari daerah yang jauh dan tidak membawa atau memiliki kendaraan, ada banyak Sewa Mobil Jogja yang menawarkan kemudahan menyewa mobil dengan pilihan mobil sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk mempermudah Anda memilih tempat tujuan wisata khas Jogja, berikut destinasi wisata di Jogja yang memiliki kesan “Jogja banget”

1. Candi Prambanan

Mengunjungi Jogja tidak akan lengkap bila belum pernah ke Candi Prambanan. Candi Prambanan sendiri addalah sebuah kompleks Candi Hindu tertinggi sekaligus tercantik di Indonesia, bahkan di dunia. Menurut sejarah, candi ini sarat akan kisah cinta yang pahit. Seperti legenda perjuangan Bandung Bondowoso yang berusaha mendapatkan cinta Roro Jonggrang si putri yang cantik jelita dan kisah cinta antara Rama dan Shinta.

Selain terkenal dengan legenda-legendanya, Candi Prambanan telah diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang harus dijaga. Terdiri dari tiga candi Trimurti Hindu; Siwa, Brahma, dan Wisnu, candi Prambanan memiliki tumpukan dan relief yang mempesona.

Mengunjungi Candi Prambanan, Anda harus menjadikannya latar belakang foto Anda, indahnya perpaduan dari peninggalan kuno dengan alam di sekitarnya akan membuat hasil foto Anda sempurna. Selain menikmati keindahan Candi, Anda juga bisa belajar di museum atau menikmati penta sendratari, Karena pada saat itu bangunan candi akan disorot indahnya lampu beragam warna.
Candi Prambanan berlokasi di Desa Prambanan yang mencakup dua wilayah yaitu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya mudah diakses karena letaknya tepat di tepi jalan raya Jogja –Solo. Untuk lebih mudahnya Anda bisa menyewa kendaraan di Rental Mobil Jogja sesuai yang dibutuhkan.

2. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta dahulunya adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di jantung kota Yogyakarta. Kini, walau kesulantanan telah bergabung dengan Indonesia, Kraton Yogyakarta masih dijadikan sebagai tempat tinggal sultan –yang kini menjadi gubernur.

Untuk mengunjungi Krtaon Yogyakarta Anda bisa mengendarai mobil lewat Sewa Mobil Jogja atau bila Anda tidak tahu jalan dan biaya-biaya lainnya Anda bisa memilih Paket Wisata Jogja. 

Kraton Yogyakarta Hadiningrat berlokasi tepat di sebelah selatan Alun-alun Utara kota Yogyakarta atau berjarak kurang lebih 50 meter dari Jalan Malioboro. Kraton Yogyakarta buka untuk para wisatawan setiap hari dari jam 08.00-14.00 WIB. Tapi khusus untuk hari Jum’at, wisata kraton Jogja dibuka dari jam 08.00 wib – 12.00 WIB.

Karena banyaknya wisatawan yang menjadikan Kraton Yogyakarta sebagai tujuan wisata, Kraton Yogyakarta menyediakan beragam fasilitas diantaranya parkir, tempat makan, penginapan, pusat oleh-oleh. Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika mengunjungi Kraton adalah berprilaku sopan.

3. Malioboro

Satu tempat yang tidak boleh dilewatkan di Jogja karena identik dengan Jogja yaitu Malioboro. Sebelum mengunjungi Malioboro Anda seharusnya tahu apa arti nama tersebut. Malioboro sendiri berarti rangkaian bunga, pas dengan Jogja yang memang memiliki pesona cantik untuk selalu dikunjungi bahkan oleh orang yang sudah mengunjunginya. 

Malioboro adalah nama jalan yang dimana sebuah pasar berdiri, Walau hanya sebuah pasar, daya tarik Malioboro sangatlah kuat. Malioboro seakan menjadi denyut wisata Jogja yang tak pernah tergantikan bagi masyarakat disana bahkan para wisatawan. Di sana Anda dapat membeli bermacam-macam barang yang diinginkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Bagi orang yang mengunjungi Jogja sebagai wisatawan, untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa menjangkaunya menggunakan mobil yang bisa Anda sewa di Rental Mobil Jogja dengan harga yang sesuai. Karena biasanya sepulang dari Malioboro Anda akan banyak membawa oleh-oleh Jogja. Ya, Malioboro adalah syurganya belanja. Disana adalah tempat yang tepat untuk memburu pernik cendramata unik khas Jogja. 

Selain belanja, menikmati kuliner di sepanjang jalan Malioboro pun menjadi daya tariknya. Jika memilih kuliner disana, Anda akan mendapat pengalaman makan malam lesehan asyik sambil ditemani lagu-lagu Jogja yang dinyanyikan pengamen jalanan.


Wisata kuliner di Jogja jangan sampai ketinggalan mencicipi makanan khas Jogja yaitu gudeg. Gudeg sendiri terdapat dua pilihan, yaitu gudeg basah dan kering, Anda dapat mencicipinya sesuai selera. Salah satu restoran gudeg yang terkenal di Jogja adalah Gudeg Yu Djum. Keistimewaan dari gudeg Yu Djum adalah proses memasaknya yang masih menggunakan tungku dan kayu bakar.

Satu lagi kuliner yang harus Anda coba, yaitu di Ankringan sekitar Malioboro. Angkringan sendiri adalah warung makan sederhana khas Jogja. Banyak pilihan makanan yang disediakan Angkringan seperti nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, beragam aneka kopi, teh dan gorengan. 

Selain harganya murah, menikmati suasana malam sambil memakan makanan khas Jogja di pinggir jalan adalah sebuah kenangan tersendiri yang membuat rindu untuk kembali.  

4. Istana Ratu Boko

Satu lagi destinasi wisata yang harus Anda coba di Jogja, yaitu Istana Ratu Boko. Istana Ratu Boko sendiri mulai terkenal ketika dijadikan salah satu latar belakang film AADC2 yang fenomenal. Selain memang menjadi lokasi syuting, Isatno Ratu Boko adalah istana yang megah dan indah. Bila disandingkan dengan alam sekitarnya, Istana Ratu Boko memang memiliki aura menakjubkan.

Mengunjungi Istana Ratu Boko bisa menjadi pilihan ketika berwisata ke Jogja, Anda pun bisa menggunakan Paket Wisata Jogja agar memudahkan perjalanan Anda karena tidak perlu memikirkan akomodasi dan lain sebagainya.

Walau Istana Ratu Boko sebagian berupa reruntuhan, keindahan dan keagungan di masa jayanyanya masih terasa. Bagian terbaiknya saat berfoto, Anda bisa menunggu sunset dengan latar belakang langit senja.

5. Puncak bukit Punthuk Setumbu

Selain Istana Ratu Bako, destinasi berikut ini juga jangan sampai ketinggalan untuk dikunjungi. Ya, Punthuk Setumbu. Merupakan salah satu bukit yang letaknya di gugusan Pegunungan Menoreh, Puthuk Setumbu juga sempat dijadikan lokasi syuting film AADC2.

Waktu terbaik di puncak Puthuk Setumbu yaitu ketika sunrise, Anda akan disuguhkan pemandangan menakjubkan perpaduan matahari terbit, kabut, pepohonan, dan Candi Borobudur yang terlihat kecil dari kejauhan. Pemandangan indah dari alam Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar